Recent Comments
Loading...
Recent Comments

Gerak

24 March 2012

Saat memperhatikan sekitar kita, kita melihat bahwa sebenarnya tak ada yang diam di sana. Semuanya bergerak mengikuti pergerakan alam semesta ini. Apa jadinya alam semesta ini tanpa gerak? Coba bayangkan jika bumi berhenti berputar, benda langit berhenti mengitari garis edarnya, angin berhenti berhembus, awan tak berarak, laut tak memainkan riak ombaknya, bahkan makhluk hidup pun tak bergerak. Jika semua itu diam, maka manfaat apa yang akan dihasilkan oleh mereka dengan keberadaannya? Tak ada.

Lalu, apakah yang menyebabkan gerak itu terjadi? Secara harfiah, ini sebuah pertanyaan yang sulit, karena cakupannya yang cukup luas. Kita harus mempersempit cakupan itu dengan menentukan objek dari yang melakukan gerak itu, karena tak semua objek memiliki alasan yang sama sehingga gerak sebuah objek itu bisa terjadi. Sebuah gerak akan menghasilkan perubahan dan pengaruh dari perubahan itu sendiri akan mengubah sesuatu yang bergerak itu, tergantung gerak seperti apa yang dilakukannya, dan seberapa cepat gerak itu terjadi. Intinya, sebuah gerak akan berimbas kembali kepada sesuatu yang menyebabkan gerak itu.

Pada manusia, sebuah gerak adalah sesuatu yang vital bagi dirinya. Karena gerak inilah yang menandakan bahwa manusia itu hidup, menghasilkan perubahan demi perubahan pada dirinya. Tak peduli perubahan itu adalah sesuatu yang baik atau buruk, semuanya tergantung dari gerak yang mereka lakukan.

Lalu bagaimana dengan keterdiaman? Diamnya seorang manusia bukan berarti ia tak bergerak. Tubuh masih berproses pada kondisi itu. Walaupun mulut terdiam, bukan berarti tubuh terdiam, karena pikiran tentu masih akan bekerja, membungkam keterdiaman itu. Jika diam benar-benar telah merasuki hingga menghentikan pikiran itu bekerja, maka saat itu aku bisa mengatakan bahwa diri ini telah mati, dan saat itu pula diri ini bukanlah bagian dari alam semesta lagi yang tak pernah diam, juga bukanlah bagian dari sekitar kita yang dari hari ke hari semakin menuntut banyaknya perubahan yang lebih baik dari diri ini.

Semua yang kita alami mempunyai sebab akibat tersendiri. Apa yang kita lakukan tentu mempunyai sebab kenapa kita melakukannya, dan tentunya kita ingin mengetahui akibat dari apa yang kita lakukan itu. You do a good thing, then you will get a good thing, but when you do a bad thing, then you will get a bad thing too. Itu salah satu kalimat bijak yang pernah aku temui. Kalau kita menyadari, memang benar kita tak akan pernah bisa lepas dari hal itu.

Dalam mengarungi hari, sebuah gerak adalah sebuah tindakan. Dengan adanya sebab akibat ini, kita perlu berhati-hati dengan tindakan kita, dan keberhati-hatian juga tidak harus menimbulkan sebuah ketakutan untuk bertindak. Sebuah tindakan itu harus punya dasar, dan kita harus paham dengan resiko yang akan ditimbulkan oleh tindakan itu. Layaknya seorang petaruh, kita harus siap menerima semua imbas dari sebuah tindakan yang kita lakukan.

18 comments

Reply Delete

Sesuatu yang menyebabkan benda bergerak itu Gaya..
ehheheeh ^_^

Reply Delete

bergerak sama berkembang sama ngga ya?

Reply Delete

kita baru bisa bergerak jika ada jarak..
kalo menurut ilmu fisika, benda yang bergerak itu karena dikenai gaya..
hehe sok tau :D

Reply Delete

iya sih... gaya yang menyebabkan gerak benda itu... Nah kalo manusia, gaya apa yang menyebabkannya bergerak?? :D

Reply Delete

Menurutku bergerak itu bisa berkembang, bisa juga menyusut... tinggal mau pilih mana, mau berkembang apa mau menyusut... :D

Reply Delete

heheh... kok pada ngomongin fisika sihh??? :D padahal saya mencoba membahas diam ato geraknya manusia... :D

Reply Delete

semua yg bergerak karena kehendak tuhan sob :D
Manusia tak mungkin bergerak jika jantungnya tak berdetak. Siapa yg membuat jantung berdetak? Tuhan

Reply Delete

"GERAK" secara fisika mungkin artinya lebih mengacu kepada gaya,,tapi secara umum gerak bisa berarti suatu PROSES,,benar g ya..???

Reply Delete

Makanya itu sob, yang diam tak berbuat apa-apa itu tak ada bedanya dengan yang mati... maka mari bergerak untuk mencapai suatu perubahan yang lebih baik.. :D

Reply Delete

ini cuma semacam refleksi dari sebuah gerak atau tindakan yang dilakukan oleh manusia.. tak ada perhitungan fisikanya sama sekali... :D

Reply Delete

Akhirnya ada juga yang paham dengan 'gerak' yang saya maksud, dan seperti itulah gerak yang saya maksud, suatu proses untuk mencapai satu perubahan yang lebih baik... :)

ke mana aja, blognya gak pernah update lagi???

Reply Delete

gerak itu berarti membawa batang tubuh bertindak tak seperti slalu sama...
gerak itu berarti menyusun siasat...
akhh aku suka bergerak...#ngawurr^________^

Reply Delete

ya bener sam.. jika kita bisa bebas leluasa bergerak, maka kita juga harus siap leluasa menerima imbas dari setiap gerakan kita.. baguuss.. sam makin cantik tulisannya, makin simple dari yang biasanya ditulis.. :)

Reply Delete

Kalau sudah tak ada gerak lagi, berarti MATI baru saja lewat... ^_^ !!
hehehe

Reply Delete

hooh... justru gerak seperti itu yang saya maksud, jadi ga cuma diam aja melongo kaya' patung dalam menghadpi sesuatu.. :D

Reply Delete

hooh... makanya itu harus siap-siap kitanya menerima setiap imbas dari gerakan kita... :)

Reply Delete

bisa dikatakan begitu... :D

Post a Comment

˙˙˙buıɥʇǝɯos ʎɐs